Kamis, 06 Desember 2018

Indonesia Kreatif, katanya...

Hm..mengawali kebingungan akan menulis apa untuk Event Flash blogging yang diadakan pada 7 Desember 2018, bekerja sama dengan Dinas Kominfo Provsu, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Direktorat pengelolaan Media, di Grand Aston City Hall Medan, Sumut, iseng-iseng saya googling dengan kata kunci "Indonesia kreatif", dan tiba lah saya di situs indonesiakreatif.net. Huhu..langsung sinyal kepo  pun tinut tinut, jari jemari langsung deh scroll up untuk menikmati laman situs indonesiakreatif.net yang isinya layaknya galeri kumpulan hasil karya kreativitas anak Indonesia. Duh, daku takjub bin jatuh cinta dengan berbagai karya anak bangsa. Indonesia memang kreatif euy, begitu kata saya dalam hati.

Op, pada setuju nggak nih kalau Indonesia memang kreatif? Kalau saya sih yes. Bukti bahwa Indonesia memang kreatif adalah berkembang pesatnya pertumbuhan daya cipta anak Indonesia dalam beragam sektor. Lihat saja perkembangan digital, semakin bertumbuhnya content creator dalam berbagai platform sosial media, yang kreatif-kreatif euy, mulai dari buat video dengan konten komedi, musik, film pendek, beauty vlogger, travel vlog dan lain sebagainya. Adapula perkembangan online shop yang semakin marak. Mau cari apa kak, buat hashtag #tasmurah di Instagram misalnya, wuihhh bejibun bin banyak yang dagang kak... Pedagang millenial sekarang bahkan sangat kreatif dalam memasarkan produknya. Belum lagi bicara tentang Pariwisata dan sektor lainnya...Pokoknya Indonesia memang kreatif dah...

Pertumbuhan Indonesia kreatif yang selaras dengan industri kreatif dan ekonomi kreatif ini pun ditandai dengan bermunculan Perusahaaan Start up yang menembus posisi Start Up Unicorn di Indonesia. Start up Unicorn Indonesia tersebut yakni Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan menyusul Grab yang sedang menjadi target Menkominfo, Bapak Rudiantara untuk diajak menjadi start up Unicorn Indonesia, mengingat  pertumbuhan Grab pesat di Indonesia. Sesuai yang menjadi target Menkominfo, Bapak Rudiantara, Indonesia memiliki 5 Start Up Unicorn pada tahun 2019. Eit, tau nggak, untuk menjadi Start up Unicorn, perusahaan yang baru merintis tersebut sudah mencapai valuasi di atas US$ 1 miliar ( Rp13,8 triliun). Uwow.....

Tuh..kan...Indonesia memang kreatif. Yuk, yuk, kita semangat untuk Indonesia yang lebih kreatif. Bocoran nih, Indonesia Kreatif punya target superwow loh, memiliki seribu Start Up pada tahun 2020. Hm, mungkinkah kamu satu diantaranya?

2 komentar:

  1. Boleh juga ni kamben ppl kerjasama buat start up. Tapi apa ya bugurufitrah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari mulai kita pikirkan bersama pak set, ehehhe

      Hapus